Mengolah Daun Kelor Untuk Sayur Bening


Daun kelor atau disebut juga daun merunggai adalah sejenis tumbuhan dengan daun berbentuk bulat telur berukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, daun kelor ini bisa dibuat sebagai sayur dan obat. Sebagian masyarakat menganggap daun kelor merupakan tumbuhan yang tidak bermanfaat padahal selain dikenal sebagai tumbuhan obat daun kelor juga bisa dijadikan sebuah resep masakan yang sangat enak.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan konsumsi daun kelor pada bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan disamping itu daun kelor bermanfaat untuk beberapa penyakit diantaranya adalah :

1.   Meningkatkan ketahanan tubuh2.   Untuk kesehatan mata3.   Meningkatkan metabolisme tubuh4.   Meningkatkan stuktur sel tubuh5.   Meningkatkan serum kolesterol6.   Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal7.   Memperindah kulit8.   Meningkatkan energi9.   Memudahkan pencernaan10. Antioksidan11. Mendukung kadar gula normal tubuh

Dua manfaat menjadi satu tumbuhan daun kelor yaitu sebagai obat sekaligus bisa menjadi menu sehari-hari, Berikut saya akan berbagi resep daun kelor untuk sayur bening :

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 2 Ikat daun kelor (Sesuai selera)
  • Bawang merah dan putih
  • Kunci
  • Gula dan garam
  • Air


Langkah-langkah pembuatan :

  1. Ambil wadah cuci bersih daun kelor pisahkan dari ranting, usahakan 2 kali pencucian.
  2. Didihkan air di dalam panci.
  3. Kupas 3 bawang putih dan 3 bawang merah cuci bersih iris tipis kemudian masukan kedalam air yang sudah mendidih.
  4. Masukan daun kelor lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera aduk rata.
  5. Sayur daun kelor siap dihidangkan.



Catatan : Irisan bawang merah dan putih bisa digoreng terlebih dahulu lalu tiriskan lalu masukan ke dalam panci sayur bisa ditambah irisan tomat.

Disqus Comments