Resep Es Kopyor Degan Selasih


Es kopyor merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita, disamping segar disajikan saat musim panas es kopyor juga bisa disajikan dengan berbagai macam fariasi. Selain ekonomis es kopyor ini sangat mudah sekali kita buat dirumah, bisa sekedar untuk dinikmati sendiri maupun sajian untuk acara-acara tertentu misal : arisan, kumpulan Pkk, pesta dsb… walaupun terlihat biasa namun kalau penyajian tepat dengan fariasi beragam maka akan terlihat istimewa.

Dalam sajian kali ini saya akan membagi resep membuat es kopyor dengan pelengkap degan muda dan biji selasih, pasti sudah banyak para ibu-ibu mencoba resep ini tapi disini saya akan mengulasnya kembali mungkin saja ada yang belum pernah mencobanya :

Bahan yang diperlukan :

  • Degan muda 1 butir
  • 1 Saset jelly (Saya pakai jelly de nata bukan agar-agar)
  • 60 gr gula pasir
  • Sirup cocopandan
  • Air degan 1.5 ltr (Saya pakai air degan 1 butir selebihnya air kelapa biasa)
  • Es batu
  • Air matang


Langkah – langkah pembuatan :

  1. Siapkan panci untuk merebus jelly, masukan 1 saset jelly de nata tambahkan 60 gr gula pasir dan 600 cc air aduk lalu masak hingga mendidih sambul diaduk terus biar adonan jelly tercampur dan tidak menggumpal, setelah mendidih angkat sisihkan sampai setengah dingin.
  2. Ambil baskom masukan balok es batu lalu tungakan adonan jelly 1 sendok sayur sampai adonan habis ( Adonan terlihat seperti lembaran-lembaran jelly tipis)
  3. Tambahkan air, air degan, sirup cocopandan, serutan degan, selasih dan tambahkan air secukupnya.
  4. Apabila kurang manis bisa ditambah sirup.
  5. Resep diatas bisa untuk 10 porsi



Note : Saya tidak menggunakan santan dalam adonan jelly biar tidak eneg.Jelly nya saya menggunakan de nata karena rasanya degan jadi pas buat menu es kopyor degan.




Disqus Comments